Senin, 07 Mei 2018

3.1 Sebutkan dan Jelaskan serta berikan contoh Standar Operasional Manajemen Teknologi Informasi untuk seorang Administrator Aplikasi ?


Aplikasi Administrator, dikenal juga dengan sebutan, Back-end, Panel Admin atau Panel Kendali adalah, antarmuka dimana para administrator dan petugas-petugas situs lainnya yang memiliki hak istimewa . Administrator sebelumnya sudah dipersenjatai oleh ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam bidang teknologi informasi, khususnya dalam hal supporting system, mulai dari pelacakan masalah (troubleshooting) hardware sampai dengan troubleshooting masalah sotware. Bahkan dalam profesinya, administrator juga memiliki sertifikasi untuk spesialisasi tertentu.

Beberapa tanggung jawab yang diemban oleh jabatan admin aplikasi antara lain adalah :

1)      Troubleshooting atau penanganan masalah
Ini adalah pekerjaan wajib dari admin dalam mengatasi masalah di dalam jaringan. Admin wajib menjaga jaringannya supaya dapat beraktivitas secara normal tanpa adanya masalah. Masalah yang timbul umumnya berupa masalah teknis seperti kerusakan pada komputer, gangguan pada koneksi internet, kabel yang terputus dan lain sebagainya.

2)      Update atau pemutakhiran
Tugas ini umumnya berkaitan dengan perangkat lunak, namun tidak menutup kemungkinan juga perangkat keras. Update sepertinya adalah hal yang sepele namun memiliki dampak besar dalam jaringan tersebut. Update perangkat lunak misalnya adalah update sistem operasi dan antivirus, sedangkan update perangkat keras misalnya penggantian perangkat router atau switch yang sesuai dengan tuntutan jaringan yang berkembang.

3)      Mengatur cadangan data
Tugas dari admin yang penting lainnya adalah tanggung jawabnya dalam membuat salinan data sebagai cadangan dari data-data penting miliki suatu jaringan dari perusahaan atau instansi tertentu. Backup ini berfungsi sebagai cadangan data saat terjadi hal-hal yang diluar dugaan seperti bencana alam, terhapus data secara tak sengaja atau kerusakan perangkat keras penyimpanan data. Dengan backup data, maka admin dapat menyelamatkan data penting perusahaan dan mengembalikannya seperti semula pada saat tanggal terjadinya backup.


Contohnya :

Misalnya dalam menjalankan SOP eMonev bagi admin eMONEV pada Kota Surabaya, Kewenangan Admin eMonev antara lain adalah:
a.Membuka akses pengisian relialisasi (ouput maupun pentahapan output).
b.Melakukan monitoring pengisian relialisasi (ouput maupun pentahapan output).
c.Melakukan monitoring keterisian realisasi Output sub kegiatan maupun realisasi pentahapan output.
d.Melakukan sinkronisasi target sub kegiatan (ouput maupun pentahapan output) pada opsplan

 

Sumber : 





 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar