Aplikasi Administrator, dikenal juga
dengan sebutan, Back-end, Panel Admin atau Panel Kendali adalah, antarmuka
dimana para administrator
dan petugas-petugas situs lainnya yang memiliki hak istimewa . Administrator
sebelumnya sudah dipersenjatai oleh ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam
bidang teknologi informasi, khususnya dalam hal supporting system, mulai dari
pelacakan masalah (troubleshooting) hardware sampai dengan troubleshooting
masalah sotware. Bahkan dalam profesinya, administrator juga memiliki
sertifikasi untuk spesialisasi tertentu.
Beberapa tanggung jawab yang diemban oleh
jabatan admin aplikasi antara lain adalah :
1)
Troubleshooting atau penanganan masalah
Ini adalah pekerjaan wajib dari admin dalam
mengatasi masalah di dalam jaringan. Admin wajib menjaga jaringannya supaya
dapat beraktivitas secara normal tanpa adanya masalah. Masalah yang timbul
umumnya berupa masalah teknis seperti kerusakan pada komputer, gangguan pada
koneksi internet, kabel yang terputus dan lain sebagainya.
2)
Update atau pemutakhiran
Tugas ini umumnya berkaitan dengan perangkat lunak,
namun tidak menutup kemungkinan juga perangkat keras. Update sepertinya adalah
hal yang sepele namun memiliki dampak besar dalam jaringan tersebut. Update
perangkat lunak misalnya adalah update sistem operasi dan antivirus, sedangkan
update perangkat keras misalnya penggantian perangkat router atau switch yang
sesuai dengan tuntutan jaringan yang berkembang.
3)
Mengatur cadangan data
Tugas dari admin yang penting lainnya adalah tanggung
jawabnya dalam membuat salinan data sebagai cadangan dari data-data penting
miliki suatu jaringan dari perusahaan atau instansi tertentu. Backup ini
berfungsi sebagai cadangan data saat terjadi hal-hal yang diluar dugaan seperti
bencana alam, terhapus data secara tak sengaja atau kerusakan perangkat keras
penyimpanan data. Dengan backup data, maka admin dapat menyelamatkan data
penting perusahaan dan mengembalikannya seperti semula pada saat tanggal
terjadinya backup.
Contohnya :
Misalnya
dalam menjalankan SOP eMonev bagi admin eMONEV pada Kota
Surabaya, Kewenangan Admin eMonev antara lain adalah:
a.Membuka akses pengisian
relialisasi (ouput maupun pentahapan output).
b.Melakukan monitoring
pengisian relialisasi (ouput maupun pentahapan output).
c.Melakukan monitoring
keterisian realisasi Output sub kegiatan maupun realisasi pentahapan output.
d.Melakukan sinkronisasi
target sub kegiatan (ouput maupun pentahapan output) pada opsplan
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar