Rabu, 02 Oktober 2013

TUGAS 1.1 SISTEM

PENGERTIAN SISTEM 

Pengertian dan definisi sistem pada berbagai bidang berbeda-beda, tetapi meskipun istilah sistem yang digunakan  bervariasi , semua sistem pada bidang-bidang  tersebut mempunyai   beberapa   persyaratan   umum,   yaitu sistem   harus  mempunyai  elemen , lingkungan,   interaksi   antar   elemen, interaksi  antara  elemen   dengan lingkungannya , dan yang   terpenting adalah sistem harus  mempunyai  tujuan  yang  akan dicapai . Berdasarkan persyaratan ini, sistem dapat didefinisikan sebagai seperangkat elemen yang digabungkan satu dengan lainnya untuk suatu tujuan bersama. Kumpulan elemen terdiri dari manusia , mesin, prosedur , dokumen , data atau elemen lain yang terorganisir dari elemen-elemen tersebut.    Elemen system disamping  berhubungan satu sama lain, juga berhubungan dengan lingkungannya untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Karakteristik Sistem :

•   Memiliki komponen :

Suatu  sistem  terdiri  dari  sejumlah  komponen  yang  saling  berinteraksi ,  bekerja  sama membentuk satu kesatuan . Komponen-komponen sistem dapat berupa suatu subsistem atau bagian-bagian dari system . Setiap sistem tidak perduli betapapun kecilnya , selalu mengandung  komponen-komponen  atau  subsistem-subsistem .  Setiap  subsistem mempunyai sifat-sifat dari sistem untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan . Suatu sistem dapat mempunyai suatu sistem yang  lebih  besar  yang  disebut  supra  system ,  misalnya  suatu  perusahaan  dapat disebut dengan suatu sistem dan industri yang merupakan sistem yang lebih besar dapat disebut dengan supra system . Kalau dipandang industri sebagai suatu system , maka perusahaan dapat disebut sebagai subsistem . Demikian juga bila perusahaan dipandang sebagai suatu system , maka sistem akuntansi adalah subsistemnya .

•   Batas sistem (boundary) :

Batas sistem merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya . Batas sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai suatu kesatuan . Batas suatu sistem menunjukkan ruang lingkup (scope) dari sistem tersebut .

•   Lingkungan luar sistem (environment) :

Adalah apapun di luar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi system .

•   Penghubung sistem (interface) :

Merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem yang lainnya .

•   Masukan sistem (input) :

Merupakan energi yang dimasukkan ke dalam sistem. Masukan dapat berupa masukan perawatan (maintenance input) dan masukan sinyal (signal input) . Maintenance input adalah energi yang dimasukkan supaya sistem tersebut dapat beroperasi . Signal input adalah energi yang diproses untuk didapatkan keluaran. Sebagai contoh didalam sistem komputer , program adalah maintanance input yang digunakan untuk mengoperasikan komputernya dan data adalah signal input untuk diolah menjadi informasi .

•   Keluaran sistem (Output) :

Merupakan hasil dari energi yang diolah oleh system .

•   Pengolah sistem (Process) :

Merupakan bagian yang memproses masukan untuk menjadi keluaran yang diinginkan .

•   Sasaran sistem :

        Kalau sistem tidak mempunyai sasaran, maka operasi sistem tidak akan ada gunanya .




Klasifikasi Sistem :

•           Sistem abstrak :  sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik (sistem teologia).

             Sistem fisik :  merupakan sistem yang ada secara fisik (sistem komputer, sistem akuntansi, sistem produksi dll.) 
.
•           Sistem alamiah :  sistem yang terjadi melalui proses alam. (sistem matahari, sistem luar angkasa, sistem reproduksi dll .

Sistem buatan manusia :  sistem yang dirancang oleh manusia .
Sistem buatan manusia yang melibatkan interaksi manusia dengan mesin disebut human- machine system (contoh :  sistem informasi) .

•           Sistem Tertentu (deterministic system) :  beroperasi dengan tingkah laku yang sudah dapat diprediksi. Interaksi bagian-bagiannya dapat dideteksi dengan pasti sehingga keluaran dari sistem dapat diramalkan (contoh :  sistem komputer) .

Sistem tak tentu (probabilistic system) :  sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilitas .

•           Sistem tertutup (close system) :  sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh dengan sistem luarnya. Sistem ini bekerja secara otomatis tanpa adanya turut campur tangan dari pihak luarnya. Secara teoritis sistem tersebut ada, tetapi kenyataannya tidak ada sistem yang benar-benar tertutup, yang ada hanyalah relatively closed system (secara relatif tertutup, tidak benar-benar tertutup) .

Sistem  terbuka  (open  system)  :   sistem  yang  berhubungan  dan  terpengaruh  dengan lingkungan luarnya .

SUMBER : 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar