Sabtu, 26 Oktober 2013

TUGAS 2.5 DATA FLOW DIAGRAM & CONTOH DFD

DATA FLOW DIAGRAM (DFD)


Data Flow Diagram (DFD) adalah alat pembuatan model yang memungkinka profesiona siste untuk   menggambarka sistem sebagai suatu jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama lain dengan alur data, baik secara manual maupun komputerisasi. DFD ini sering  disebut  juga dengan  namBubble  chartBubble  diagram, model proses, diagram alur kerja, atau model fungsi.


DFD ini adalah salah satu alat pembuatan model yang sering digunakan, khususnya  bila  fungsi-fungsi  sistem  merupakan  bagian  yanlebih penting dan komplekdari pada data yang dimanipulasi oleh sistem. Dengan kata lain, DFD adalah alat pembuatan model yang memberikan penekanan hanya pada fungsi sistem.



DFD ini merupakan alat perancangan sistem   yang berorientasi pada alur data dengan konsep dekomposisi dapat digunakan untuk penggambaran analisa maupun rancangan sistem yang mudah dikomunikasikan oleh profesional sistem kepada pemakai maupun pembuat program.



SYARAT -SYARAT PEMBUATAN DATA FLOW DIAGRAM


Syarat pembuatan DFD ini akan menolong profesional sistem untuk menghindari  pembentukkan  DFyang  salah  ataDFyang  tidak lengkap atau tidak konsisten secara logika. Beberapa syarat pembutan DFD dapat menolong profesional sistem untuk membentuk DFD yang benar, menyenangkan untuk dilihat dan mudah dibaca oleh pemakai.


Syarat-syarat pembuatan DFD ini adalah :
1. Pemberian nama untuk tiap komponen DFD
2. Pemberian nomor pada komponen proses
3. Penggambaran DFD sesering mungkin agar enak dilihat
4. Penghindaran penggambaran DFD yang rumit
5. Pemastian DFD yang dibentuk itu konsiten secara logika

Ada 3 (tiga) jenis DFD, yaitu ;
§  Context Diagram (CD)
§  DFD Fisik
§  DFD Logis

CONTOH DFD UNTUK SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN


Diagram konteks menggambarkan proses secara umum dari sistem informasi perpustakaan, pada diagram tersebut terdiri dari 3 eksternal entity yaitu anggota, buku dan kepala perpus sebagai penerima laporan sistem informasi ini.

SUMBER :


http://lecturer.eepis-its.edu/~hero/datahero/kuliah/RPL/DFD-1.pdf
datatik.files.wordpress.com/2010/03/materi-dfd.doc





2 komentar: