siklus keuangan
Akuntansi pada dasarnya
terdiri dari tiga proses aktivitas, yaitu : mengidentifikasi, mencatat dan
mengkomunikasikan kejadian ekonomi dari sebuah organisasi atau perusahaan.
Proses pertama adalah identifikasi, yaitu aktivitas memilih kegiatan yang
termasuk kegiatan ekonomi. Proses kedua adalah pencatatan, yaitu semua kejadian
ekonomi tersebut dicatat untuk menyediakan sejarah dari kegiatan keuangan dari
organisasi tersebut. Proses ketiga adalah komunikasi, yaitu informasi yang
telah didapat dari identifikasi dan pencatatan tidak akan berguna bila tidak
dikomunikasikan, informasi ini dikomunikasikan melalui persiapan dan distribusi
dari laporan akuntansi, yang paling umum disebut laporan keuangan.Siklus
akuntansi adalah tahapan kegiatan yang dilalui dalam melaksanakan kegiatan
akuntansi. Proses tersebut berjalan terus menerus dan berulang kembali sehingga
merupakan suatu siklus
|
|
|
|
Siklus Akuntansi DEFINISI
AKUNTANSI Definisi akuntansi dapat dilihat dari 2 (dua) sudut pandang
yaitu: Fungsi dan Kegunaan, Akuntansi merupakan aktivitas jasa yang
berfungsi memberikan informasi kuantitatif mengenai kesatuan-kesatuan
ekonomi terutama yang bersifat keuangan yang bermanfaat dalam pengambilan
keputusan.
Proses Kegiatan, Akuntansi adalah seni mencatat, mengklasifikasi dan
mengikhtisarkan transaksi-ttransaksi kejadian yang sekurang-kurangnya atau
sebagaian bersifat keuangan dengan cara menginterpretasikan hasil-hasilnya.
Akuntansi dan Tata Buku Akuntansi lebih luas dari Tata Buku sebab Tata Buku
hanyalah pencatatan secara sistimatis transaksi/kejadian yang dinyatakan
dengan nilai uang.
Berdasar gambar di atas dapat kita uraikan bahwa siklus akuntansi adalah
sebagai berikut:
Pencatatan Data ke dalam
dokumen sumber/bukti transaksi.
Penjurnalan, yaitu
menganalisis dan mencatat transaksi dalam jurnal (buku harian)
Melakukan posting ke Buku
Besar yaitu memindahkan debet dan kredit dari jurnal ke akun Buku Besar.
Penyusunan Neraca Saldo
yaitu menyiapkan Neraca Saldo unttuk mengecek keseimbangan Buku Besar.
Membuat ayat jurnal
penyesuaian dan memasukkan jumlahya pada Neraca Saldo.
Membuat ayat-ayat penutup
yaitu menjurnal dan memindahbukukan ayat-ayat penutup.
Penyusunan Laporan
Keuangan yaitu Laporan Rugi Laba, Laporaan Perubahan Modal dan Neraca.
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar