Jumat, 10 November 2017

Tugas Kelompok Aplikasi Mobile dengan Sistem POS

Nama dan NPM      : ADHI C. BRAHMANTYO                       1B117034
AMRIL RUSADI                                        1B117012
ASEP KURNIAWAN                                  1B117041
WAHYU AJI                                               1B117009 
Kelas 3 KA 22
PENJELASAN

1. ELKASSA
ELKASSA merupakan Aplikasi Point Of Sale (POS) atau program kasir berbasis Android yang dimiliki oleh PT. Mozaik Bintang Persada. Seperti penjelasan pada blog http://blog.elkassa.com/ “Elkassa adalah solusi bagi pelaku UMKM berupa aplikasi Point of Sale (POS) atau Program Kasir berbasis Mobile.” dengan harapan dapat membantu UMKM di INDONESIA dapat tumbuh dan berkembang.  Aplikasi ELKASSA dapat terhubung dengan perangkat penunjang Point Of Sale (POS) seperti : Barcode Scanner, Cash Drawer (laci uang), dan Thermal Printer. Aplikasi ELKASSA memiliki fitur-fitur yang dibutuhkan Anda dalam menjalankan bisnis.
Untuk tahap awal, aplikasi ini dikembangkan untuk versi Android saja dan untuk yang lainnya akan segera menyusul seperti versi OS IOS dari APPLE. Bukan hanya itu, Elkassa juga menyediakan penyimpanan data berbasis cloud yakni media penyimpanan data terkoneksi dengan internet secara aman sehingga Anda sebagai pemilik maupun yang diberi amanah oleh pemilik UMKM dapat memonitor perkembangan usaha/bisnis dari manapun dan kapanpun.
ELKASSA memiliki slogan yakni “More Than Point of Sale”. Dengan slogan tersebut, Elkassa bercita-cita tidak hanya memberikan solusi berupa aplikasi Point of Sale (POS) saja akan tetapi solusi-solusi lain yang dapat membantu pelaku UMKM dapat terus tumbuh kembang dan berdaya saing dengan yang lain. Apalagi di tahun 2015, MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) akan direalisasikan yang akan membuat dunia usaha semakin kompetitif.
MEA merupakan singkatan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN yang memiliki pola mengintegrasikan ekonomu ASEAN dengan cara membentuk sistem perdagangan bebas atau free trade antara negara-negara anggota ASEAN. Para anggota ASEAN termasuk Indonesia telah menyepakati suatu perjanjian Masyarakat Ekonomi ASEAN tersebut. MEA adalah istilah yang hadir dalam indonesia tapi pada dasarnya MEA itu sama saja dengan AEC atau ASEAN ECONOMIC COMMUNITY.

2. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN APLIKASI ELKASSA
Kelebihan ELKASSA :
      1.      Sangat Mudah Digunakan

Simple Dan Mudah
Dapatkan pengalaman bertransaksi secara mudah, cepat, dan menyenangkan dengan penggunaan aplikasi yang sangat mudah tanpa melalui training yang lama serta dukungan pelayanan yang optimal.

Tampilan Yang Intuitif
Support dengan smartphone dan tablet yang intuitif serta optimasi tata letak yang kognitif untuk penggunaan tangan kanan Anda.
      2.      Investasi Murah dan Ringan

Tidak Perlu Android Baru
Install pada smartphone dan tablet android yang Anda miliki saat ini tanpa harus membeli yang baru.

Mendukung Perangkat Low-End
Dukungan perangkat peripheral POS low-end (menengah kebawah) sehingga meminimalisir biaya tanpa mengurangi kualitas.

    3.      Memungkinkan usaha anda langsung online
Produk yang didaftarkan pada aplikasi ELKASSA langsung dapat dijual secara online di pasar online / mall online (marketplace) yang terdapat di Indonesia, produk Anda dapat diakses dan dibeli kapanpun dan dimanapun, sehingga ruang lingkup pasar produk yang Anda miliki semakin luas
    4.      Proses Kontrol & Pengambilan Keputusan Cepat & Tepat

Kontrol Usaha Anda
Tingkatkan pengelolaan penjualan dan keuntungan dengan monitoring laporan bisnis yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun.

Laporan Performa Usaha Anda
Laporan bisnis yang disajikan secara cepat dan tepat, sehingga membantu pengambilan keputusan dalam meningkatkan performa bisnis Anda.

    5.      Cocok Untuk Apapun Jenis Bisnis Anda

Retail dan Grosir
ELKASSA Retail & Grosir merupakan solusi yang kami berikan untuk bisnis dibidang Retail maupun Grosir.

Fleksibel Terhadap Berbagai Proses Bisnis
Tidak perlu khawatir untuk menggunakan ELKSSA karena dirancang lebih fleksibel sehingga cocok dengan bisnis yang Anda jalani saat ini. Kami memberikan kemudahan untuk Anda dalam melakukan transaksi seperti : kustomisasi transaksi, kustomisasi harga, kustomisasi diskon, kustomisasi Jumlah, bahkan kustomisasi satuan dengan jumlah yang sesuai dengan apa yang Anda ingkinkan.
 

Kekurangan aplikasi ELKASSA :
Kelemahan POS yang bisa menjadi referensi dan pertimbangan bagi para pebisnis yang ingin menggunakan sistem kasir POS, seperti berikut ini: 
  • Bila memakai software jadi, kemungkinan akan terjadi ketidaksesuaian program dengan kebijakan pabrikan yang nantinya akan menjadi kendala bagi sang pengguna atau pengelola usaha. 
  • Biaya tidak murah alias cukup mahal dengan develop dari awal. Hal ini pengecualian bagi program yang memang sudah jadi dan bisa langsung digunakan. 
  • Karena berbentuk software, tentu hal yang paling dikhawatirkan adalah mudahnya perangkat lunak ini diserang virus. Sekalinya terkena virus yang berbahaya, data dapat terancam hilang, baik itu Point of Sale software free atau yang berbayar  
3. FITUR APLIKASI ELKASSA
ELKASSA memiliki fitur yang lengkap untuk mengoptimalkan bisnis Anda
1. Rekam Jejak Transaksi
Proses transaksi lebih cepat dan menyenangkan.

2. Kostomisasi Transaksi & Diskon
Proses lebih fleksibel jika ada perubahan harga, diskon, jumlah, dan satuan.

3. Manajemen Stock
Pencatatan stok lebih rapi dan akurat.

4. Tata Kelola Produk
Pengelolaan produk lebih dapat terkontrol.

5. Manajemen Pelanggan
Tingkatkan kenyamanan pelanggan dengan pengelolaan pelanggan yang lebih baik.

6. Manajemen Supplier
Pengelolaan supplier lebih mudah.

7. Multi Cabang
Integrasikan dan dapatkan kontrol penuh setiap cabang dari bisnis Anda.

8. Dashboard & Laporan
Cukup pantau proses bisnis anda, semua laporan serahkan kepada ELKASSA.

9. Sinkronisasi & Update Data
Sinkronasikan data ke semua perangkat Anda 


4. HARDWARE PENDUKUNG
Perangkat pendukung ELKASSA yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, antara lain :

1. Barcode Scanner
Barcode scanner adalah alat yang digunakan untuk membaca kode-kode berbentuk garis-garis vertikal (disebut dengan BARCODE) yang terdapat pada kebanyakan produk-produk consumer good. Penggunaan barcode scanner ini mempunyai dua keuntungan tambahan. Yang pertama akan memperkecil kesalahan input yang disebabkan kesalahan operator komputer atau kasir. Yang kedua, penggunaan barcode scanner mempercepat proses entry data, sehingga mengurangi jumlah antrian yang panjang.

2. Thermal Printer
Printer thermal merupakan proses menggunakan pemanas untuk mengaktifkan tinta didalam printer untuk mencetak kata maupun gambar. Printer thermal lebih efisien jika dibandingkan dengan printer dot matrik, printer thermal juga lebih efisient dan ekonomis digunakan. Printer ini cocok untuk pemakaian cepat, tidak memakan tempat dan umumnya tidak memerlukan perawatan khusus jika dibandingkan dengan printer lainnya.
Fungsi Printer thermal biasanya dioperasikan oleh computer utama seperti desktop atau system POS, untuk menggunakannya nyalakan printer dan masukan kertas thermal ke dalamnya yang kemudian akan menggerakan kepala printer untuk menghasilkan panas dan hasil cetakan sesuai data yang diinginkan. Ketika kepala printer menyentuh kertas maka kepala printer akan mengaktifkan tinta untuk mencetak data di atas kertas thermal.
Printer thermal umumnya digunakan pada bidang pekerjaan tertentu dan membutuhkan hasil yang cepat, seperti resep pesanan, daftar harga dan label barcode untuk barang dagangan. Penggunaanya dapat diterapkan dalam bisnis retail maupun pom bensin.

3. Cash drawer
Cash drawer atau dalam bahasa indonesia laci uang elektronik adalah alat yang mepunyai kegunaan untuk menyimpan uang kertas maupun koin di meja kasir. Perbedaannya dengan laci uang biasa adalah kemampuannya untuk diintergrasikan ke dalam cash register atau komputer POS. Saat transaksi penjualan telah berakhir, cash register ini bisa secara otomatis terbuka, sehingga kasir bisa memasukkan uang dari pelanggan ke laci tersebut, serta mengambil uang kembalian untuk pelanggan.


5. TAMPILAN APLIKASI ELKASSA
Gambar pada Tampilan Aplikasi ELKASSA


Tampilan diatas adalah setelah aplikasi terinstall pada smartphone kemudian klik aplikasi tersebut dan muncul halaman untuk melakukan registrasi . sebelum masuk pada dashboard aplikasi pengguna di haruskan untuk mendaftarkan atau registrasi pada aplikasi 

Setelah mengklik halaman registrasi pada akan diarahkan pada halaman untuk mendaftarkan yang berisi nama toko, pilih jenis usaha, email, password, alamat toko. Pada pilihan jenis usaha terdapat 2 pilihan jenis usaha yaitu retail dan grosir. Namun pada kesempatan kali ini kami memilih jenis usahanya adalah retail. 
 



 
 
 








Setelah berhasil melakukan registrasi pengguna dihadapkan pada halaman dashboard seperti tampak pada gambar diatas. Kemudian pengguna diharuskan untuk mengaktivasi token untuk bisa menjalankan aplikasi. Belum selesai sampai disitu, pengguna diharuskan kembali login ke halaman admin maupun kasir. Pada admin sudah disediakan user default dan password default untuk bisa masuk ke admin. Setelah berhasil masuk dengan user dan password default yang sediakan pengguna di anjurkan untuk mengganti user dan password default tersebut
 

Ini adalah tampilan pada halaman admin. Pada halaman admin terdapat barang, kategori, satuan, pemasok, pengguna, laporan, konfigurasi, tentang aplikasi, dan logout. Jika mengklik barang maka akan muncul seperti tampak pada gambar diatas. Ada tambah barang kemudian berisi daftar isian nama, deskripsi, barcode, jumlah, harga jual, harga beli dan kategori.
 


  Tampilan diatas adalah ketika pengguna mengklik satuan dan kategori . keduanya memiliki kesamaan pada tampilan halamannya jika pengguna ingin menedit satuan atau kategori tinggal menghapus dan menggantinya



















Gambar pada tampak diatas adalah tampilan halaman pada admin laku menglkik pemasok dan konfigurasi . Jika pengguna ingin mengedit pada pemasok yang berisi kode, nama, alamat, telepon, keterangan pengguna tinggal menggantinya sesuai yang pengguna inginkan. Kemudian pada gambar sebelahnya terdapat halam konfigurasi yang berisi toko, nota, printer setting, sinkronisasi, sinkronisasi gambar, ambil data dan auto sync




6. KESIMPULAN
Sistem POS secara prosedur adalah suatu proses alur kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran/tujuan tertentu. Dalam POS informasi merupakan proses lanjut dari data yang sudah memiliki kriteria untuk diolah. Kemudian dapat disimpulkan juga bahwa sistem POS memberikan pemilik serta karyawan dalam keefisienan kerja, dengan menghemat waktu dan tenaga untuk kerja yang tidak perlu. Pada gilirannya, pemilik akan mendapatkan catatan pembukuan bebas dari kesalahan, serta usaha makin lancar dengan bantuan software aplikasi POS ini.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar