A. Service
Support
Service support membahas
tentang proses dan komponen dalam operasional IT sehari-hari, seperti Incident
Management, Problem Management, Change Management, Configuration Management dan
Release Management. Pada dasarnya service support menjelaskan proses Support dari
IT dan bagaimana cara menangani suatu incident sebelum akhirnya masuk ke dalam
problem management. komponen dari proses pada IT service management mempunyai
peran masing-masing yaitu:
1.Service desksebagai
single point of contact
2.Release Management dalam
melakukan testing suatu teknologi baru sebelum diimplementasi
3.Build knowledge based untuk
membantu mempercepat penyelesaian suatu incident
B. Service
Delivery
Komponen-komponen dari
Service Delivery adalah Financial Management for IT Services, Availability
Management, Capacitiy Management, IT Service Continuity Management, Service
Level Management. Service Delivery ini merupakan tactical proses artinya untuk
mendukung bisnis dari sisi IT Service Management dalam jangka panjang bukan untuk
operasional yang dilakukan setiap hari. Contohnya dalam bagian IT Service
Continuity Management, misalnya dilakukannya service level agreement (SLA),
melakukan Risk Management berfungsi untuk mengetahui dan dapat mengidentifikasi
bentuk resiko, menentukan tingkat resiko yang akan terjadi, untuk mengetahui
asset mana saja yang mempunyai resiko, dan sebagainya. ITIL memberikan dasar
dan konsep IT sebagai bagian dari service ke customer atau user, bagaimana
proses yang baik antara satu entity dengan entity lainnya. ITIL meliputi
service support, service delivery, rencana pengembangan service management, ICT
infrastructure management, application management, business perspective,
security management, dan software asset management. Service support dan service
delivery merupakan area utama, yang disebut juga IT Service Management (ITSM).
Secara bersama-sama, dua area ini mengandung beberapa disiplin yang bertanggung
jawab untuk penentuan dan manajemen pelayanan Teknologi Informasi (TI) yang
efektif.
Sumber :
http://jti.respati.ac.id/index.php/jurnaljti/article/viewFile/52/45
Tidak ada komentar:
Posting Komentar