Senin, 12 Maret 2018

1.1 Jelaskan apa yang dimaksud dengan animasi ? apa perbedaan animasi 2D dengan 3D dan berikan contohnya ?

       Animasi merupakan salah satu bagian grafika komputer yang menyajikan tampilan-tampilan yang sangat atraktif juga merupakan sekumpulan gambar yang ditampilkan secara berurutan dengan cepat untuk mensimulasi gerakan yang hidup. Pemanfaatan  animasi dapat ditujukan untuk simulasi, menarik perhatian pemakai komputer pada bagian tertentu dari layar, memvisualisasikan cara kerja suatu alat atau menampilkan keluaran program dengan gambar-gambar yang menarik dibanding dengan sederetan angka, serta tidak ketinggalan untuk program-program permainan. Pada  dasarnya, animasi  adalah  transformasi  objek  yang  di mana  semua  titik  pada  sembarang  objek  akan diubah  sesuai dengan aturan tertentu, sementara sistem koordinatnya tetap. Implementasi  pada animasi  dapat  dikerjakan  secara  interaktif maupun  non  interaktif.  Dibandingkan  animasi  non interaktif, animasi  interaktif  memberikan  tampilan  yang  lebih  menarik dan   dinamis.   Pada animasi   interaktif,   pergerakan   objek mengikuti   perintah   yang   diberikan   oleh   pemakai lewat perangkat interaktif. Sedangkan animasi non interaktif, pergerakan  objek  hanya  dikendalikan dari prosedur  yang  ada di    dalam    sebuah    program.    Untuk    animasi    interaktif kebanyakan digunakan   untuk   program-program   permainan, sedangkan animasi non interaktif kebanyakan untuk melakukan simulasi objek. Kata animasi itu   sendiri   sebenarnya penyesuaian  dari  kata animation yang  berasal dari  kata  dasar to  animate dalam  kamus  umum Inggris   –   Indonesia berarti   menghidupkan (Wojowasito,  1997). secara   umum   animasi adalah suatu kegiatan menghidupkan, menggerakkan  benda  mati;  Suatu  benda  mati diberikan  dorongan  kekuatan, semangat  dan emosi  untuk  menjadi  hidup  dan  bergerak  atau hanya berkesan hidup. 

Animasi 2 Dimensi

Animasi 2D biasa juga disebut dengan film kartun. Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu. Animasi 2D adalah penciptaan gambar bergerak dalam lingkungan dua dimensi. Hal ini dilakukan dengan urutan gambar berturut-turut, atau “frame”, yang mensimulasikan gerak oleh setiap gambar menunjukkan berikutnya dalam perkembangan bertahap langkah-langkah.
Software  animasi  2D  adalah  software  yang  digunakan  untuk  membuat  animasi  tradisional (flat animation), umumnya  mempunyai  kemampuan  untuk  menggambar,  mengatur  gerak,  mengatur  waktu, beberapa dapat mengimpor suara. Dari sisi penggunaan umumnya tidak sulit. contoh animasi 2 Dimensi ini antara lain adalah Detektif Conan, Tom and Jerry, Dragon Ball.

Contoh dari Software Animasi 2D ini antara lain: 

• Macromedia Flash
• Adobe Flash
• Macromedia Director
• ToonBoom Studio
• Adobe ImageReady
• Corel RaVe
• Swish Max
• Adobe After Effect
  • Contoh gambar animasi 2 Dimensi

 

Animasi 3 Dimensi

Animasi 3D adalah objek animasi yang berada pada ruang 3D. Objek animasi ini dapat dirotasi dan berpindah seperti objek riil. Dengan animasi 3D, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya. Software  animasi  3D  mempunyai  fasilitas  dan  kemampuan  yang  canggih  untuk  membuat  animasi   3   dimensi.   Fasilitas   dan   kemampuan   tersebut   antara   lain,   membuat   obyek   3D,   pengaturan  gerak  kamera,  pemberian  efek,  import  video  dan  suara,  serta  masih  banyak  lagi.  Beberapa software animasi 3D mempunyai kemampuan khusus, misalnya untuk animasi figure(manusia), animasi landscape (pemandangan), animasi title (judul), dll. Karena kemampuannya yang canggih, dalam penggunaannya diperlukan pengetahuan yang cukup tinggi dan terkadang rumit.

Contoh dari Software Animasi 3D ini antara lain: 

• 3D Studio Max
• Cinema 4D
• Blender (gratis)

  • Contoh gambar animasi 3 Dimensi


Sumber :

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/elekdankom/article/viewFile/618/490
https://lppm.trigunadharma.ac.id/public/fileJurnal/hpqo5-Jurnal-YUN-animasi.pdf
http://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/materi1animasi.pdf
http://nauvalsmk2.blogspot.co.id/2015/05/pengertian-animasi-2-dimensi-beserta.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar