Senin, 12 Maret 2018

1.3 Jelaskan apa yang anda ketahui tentang storyboard dan animasi stop motion dan berikan contohnya ?

Storyboard
adalah   area   berseri   dari   sebuah   gambar   sketsa   yang   digunakan   sebagai       alat       perencanaan       untuk       menunjukkan secara visual bagaimana aksi dari sebuah cerita berlangsung. Storyboard merupakan naskah yang dituangkan dalam bentuk  gambar  atau  sketsa  yang  berguna  untuk    lebih    memudahkan    cameraman    dalam   pengambilan   gambar.   Storyboard secara     harfiah     berarti     dasar     cerita,     storyboard adalah  penjelasan  bagaimana cara    seseorang    akan    membuat    suatu   
proyek.     Jika     diumpamakan     sebagai     pembuatan film, maka bisa dibilang bahwa storyboard adalah skenario film tersebut.

Storyboard
animasi adalah gambaran pertama tentang seperti bagaimana sebuah kartun atau animasi akan  terlihat. Storyboard animasi kelihatan seperti  serangkaian  jalur  komik,  dengan  gambar  individual  dari  alur cerita, scene,  karakter  dan  emosi  mereka  dan bagian  utama  dari film.

kelebihan storyboard
Salah satu keuntungan menggunakan storyboard adalah dapat  membuat  pengguna untuk mengalami perubahan  dalam  alur  cerita  untuk  memicu  reaksi  atau  ketertarikan  yang  lebih  dalam.  Kilas  balik,  secara  cepat menjadi hasil dari pengaturan storyboard secara kronologis untuk membangun rasa penasaran dan ketertarikan. Proses dari pemikiran dan perencanaan visual membuat sekelompok orang untuk merevisi bersama, meletakkan ide mereka pada storyboard dan kemudian mengaturnya pada didinding. Hal ini memicu lebih banyak ide dalam kelompok tersebut.

Contoh Storybard 


Pengertian stop motion.  Stop motion adalah suatu teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri. Setiap pergerakan dari objek tersebut difoto (frame individual), sehingga menciptakan ilusi gerakan ketika serangkaian frame dimainkan berurutan secara berkesinambungan. Stop-motion animation sering pula disebut claymation karena dalam perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek yang digerakkan

Disebut stop motion karena dilihat dari namanya animasi stop motion yang berarti animasi yang dibentuk dari gerakan-gerakan yang terhenti. Teknik ini terdiri dari dua kata yaitu stop yang berarti berhenti dan motion yang berarti gerakan / bergerak.Stop motion diciptakan menggunakan teknik ini menggunakan  prinsip frame to frame, seperti animasi 2 dimensi. Pengerjaannya sama dengan animasi pada umumnya yaitu mengatur frame per frame gambar. 

Contoh animasi Stop Motion 


Sumber :

http://lib.itenas.ac.id/kti/wp-content/uploads/2013/10/No.-2-Vol.-2-Mei-Agustus-2011-1.pdf
http://tekaje.mahadhika.or.id/2017-2018/STORYBOARD/211554570-Modul-Storyboard.pdf
https://waniperih.weebly.com/animasi-stop-motion.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar