Senin, 26 Maret 2018

ILMU BUDAYA DASAR

  PT. Len Industri Persero
 Latar Belakang 

PT Len Industri (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), berkomitmen untuk melaksanakan praktik-praktik Good Corporate Governance atau Tata Kelola perusahaan yang baik sebagai bagian dari usaha untuk pencapaian Visi dan Misi perusahaan. Penyusunan Code of Conduct ini merupakan salah satu wujud komitmen tersebut dan menjabarkan nilai-nilai dalam Budaya Kerja PT Len Industri (Persero) ke dalam interpretasi perilaku yang terkait dengan etika usaha dan tata perilaku.

 Visi dan Misi Perusahaan
 
 Visi Perusahaan

PT Len Industri (Persero) adalah satu-satunya BUMN yang bergerak dalam bisnis elektronika industri dan infrastruktur. Arah pengembangan perusahaan dijelaskan dalam visi perusahaan, yaitu:

“Menjadi Perusahaan Elektronika Kelas Dunia”. Dengan penetapan visi tersebut, diharapkan perusahaan dapat beroperasi dengan standar bisnis internasional serta mampu bermain di pasar global.

Usaha untuk mencapai visi perusahaan tersebut, tercermin dalam Rencana Jangka Panjang Perusahaan Tahun 2012–2016 dengan skenario pengembangan perusahaan yang dibagi dalam 3 (tiga) periode, yaitu:
  1. Periode Penguatan Basis Manufaktur dan Bisnis Kontraktor/EPC (Engineering, Procurement dan Contractor) (2012)
  2. Periode National Standard & Domestic Player (2013-2014)
  3. Periode Global Standard & Regional Player (2015-2016)
Misi Perusahaan

Misi perusahaan ditetapkan sebagai berikut:

“Meningkatkan Kesejahteraan Stakeholder Melalui Inovasi Produk Elektronika Industri dan Prasarana“

Dengan misi tersebut perusahaan mempunyai komitmen untuk selalu meningkatkan benefit kepada seluruh stakeholder. Kepada pelanggan, perusahaan akan senantiasa memberikan layanan produk dan jasa dengan kualitas tinggi, harga yang kompetitif serta pelayanan yang memuaskan. 


Nilai Budaya

Budaya Kerja PT Len Industri (Persero) adalah 442-ICE yang terdiri dari nilai-nilai untuk membangun :

Personal Character. 

Nilai-nilai budaya 4-I :
  • Integrity (Integritas).
Setiap  insan  memiliki  pandangan  dan  pemikiran  bahwa  dirinya  merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perusahaan dan selalu ingin  bersikap jujur dan memberikan kontribusi positif kepada perusahaan.
  • Innovation (Inovasi).
Setiap insan memiliki sikap kreatif dan dapat mengembangkan ide -ide (out of the box) serta mampu menjabarkan ide-ide tersebut secara operasional .
  • Independence (Independensi).
Setiap  insan  memiliki  kemandirian  dalam  berpikir,  bertindak,  bekerja  dan berani  mengambil  keputusan  dengan  memperhitungkan  risiko  yang bertanggung jawab.
  • Insistence (Pantang Menyerah).
Setiap  insan  memiliki  semangat  yang  tinggi,  gigih,  pantang  menyerah,  dan berusaha  keras  untuk  kepentingan  perusahaan  dan  memiliki  motivasi  yang tinggi untuk mengembangkan perusahaan.

Working Principle. 

Nilai-nilai budaya  4-C  :
  • Customer Focus (Fokus Pada Pelanggan).
Setiap  insan  fokus  terhadap  kebutuhan  dan  keinginan  Pelanggan  dan berusaha  untuk  memenuhi  kebutuhan  dan  keinginan  tersebut  dalam mewujudkan kepuasan Pelanggan.
  • Continuous Improvement (Perbaikan Berkesinambungan).
Setiap  insan  berusaha  melakukan  perbaikan -perbaikan  terhadap  kualitas produk dan jasa secara berkesinambungan.
  • Commitment (Komitmen).
Setiap  insan  memiliki  ikatan  yang  kuat  terhadap  pekerjaan  dan  selalu berusaha menghasilkan yang terbaik.
  • Competence (Kompetensi).
Setiap insan memiliki kemampuan yang sesuai dengan  kebutuhan karyawanan dan selalu berusaha meningkatkan kemampuan.

Performance. 

Nilai-nilai budaya 2-E :
  • Effectiveness (Efektivitas).
Setiap insan menghasilkan produk atau jasa yang sesuai dengan target atau standar ditinjau dari sudut kualitas, biaya, dan waktu.
  • Efficiency (Efisiensi).
Setiap insan menghasilkan produk atau jasa dengan cara yang tepat, sehingga terjadi keseimbangan antara keluaran (output) dan masukan (input)
   

Sumber 

https://www.len.co.id/tata-kelola-perusahaan/standar-etika-usaha-dan-tata-perilaku/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar