Selasa, 09 Januari 2018

4.1 Jelaskan dan berikan solusi untuk Audit SI tentang pembobolan uang pada mesin ATM ?



Bank merupakan salah satu fasilitas vital yang disediakan oleh negara untuk menyimpan uang para nasabahnya, melakukan transaksi perbankan ataupun non perbankan dan transaksi keuangan lainnya. Bank selain vital juga memiliki sistem keamanan yang sangat krusial. Mereka harus menyediakan sistem keamanan yang super ketat dan terawasi 24 jam. Karena uang adalah salah satu hal tersensitif oleh karena itu keamanan bank sangatlah penting. Tentunya keamanan tersebut diawasi oleh orang-orang yang berkompeten di bidang
komputerisasi perbankan juga dengan server-server yang terhubung oleh seluruh cabang bank itu sendiri di seluruh indonesia bahkan mancanegara yang tentunya selalu terawasi 24 jam. Tetapi sayangnya keamanan tersebut semakin hari semakin lemah.
Pembobolan yang baru-baru ini terjadi, sangat erat hubungannya dengan data, dimana data dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan untuk mendapatkan informasi mengenai nasabah tersebut. Untuk itu perlindungan data sangatlah penting bagi pihak bank untuk menjaga keamanan data-data para nasabah dengan cara meng enkripsi data-data tersebut. Bisa dilihat dari kejahatan pada ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dimana si pelaku melakukan penyadapan nomor PIN dengan cara mengakses data yang disimpan didalam mesin ATM sebelum itu melakukan pembobolan terhadap Server yang tersambung dengan komputer mesin ATM tersebut. Dan technology juga sangat berpengaruh terhadap berjalannya sebuah sistem yang diterapkan oleh perbankan, untuk mengamankan bank dalam hal ini mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang digunakan oleh nasabah melakukan transaksi-transaksi. Pihak bank memberikan fasilitas CCTV (Close Circuit Tv) di dalam ruang Mesin ATM tersebut ini digunakan oleh pihak bank untuk melihat siapa saja yang melakukan transaksi di ATM tersebut. Mengatur posisi ATM, sedapat mungkin posisi ATM ditempatkan di tempat yang mudah dilihat nasabah (orang)/ ditempatkan ditempat keramaian dan dipasang penerangan. Teknologi yang digunakan oleh Bank, sebaiknya teknologi yang sudah mempunyai standar internasional. 
 
Solusi :

   1.    Menjaga kerahasiaan PIN
Dengan mengganti PIN secara berkala dan tidak terpancing memberikan PIN kepada pihak lain yang seolah-olah merupakan petugas bank dan meminta nasabah untuk menyebutkan atau menginput nomor PIN.

  2. Memperhatikan kondisi fisik ATM dan sekelilingnya dan apabila ada hal-hal yang mencurigakan, nasabah diharapkan tidak menggunakan ATM tersebut dan segera melaporkan kepada pihak bank terdekat dan atau kepada pihak berwajib. Segera blokir kartu ATM bila menemukan kejanggalan transaksi , Cari lokasi ATM yang relatif aman, Jangan mudah percaya dengan bantuan orang lain di sekitar ATM, waspadalah selalu.
Berbagai pihak yang terlibat dalam dunia perbankan, seperti pihak bank, maupun nasabah dan masyarakat luas terus merespon fenomena ini yang berujung pada sequrity banking, yaitu keamanan dan pengaman system maupun infrastruktur bank.

Perbaikan tersebut menuntut suatu teknologi yang semakin canggih, edukasi yang lebih merata dan uptade terhadap seluruh lapisan masyarakat mengenai dunia perbankan, teknologi, dan hukum. Bukan hanya mengenai hukum perbankan tetapi seluruh norma- norma hukun yang mendasar yang harus dimiliki setiap masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar