Senin, 01 Januari 2018

TUGAS 12 ILMU SOSIAL DASAR



1.       Mengapa ilmu sosial dasar sangat di butuhkan oleh mahasiswa ?

Menurut saya mengapa ilmu sosial dasar di butuhkan  oleh mahasiswa, karena mahasiswa diharapkan bisa lebih perhatian dan peka terhadap lingkungan di sekitarnya, dengan melihat, memahami dan mencarikan berbagai solusi dari permasalahan yang ada pada dilingkungan, dan dapat menyelesaikan masalah tersebut. Terlebih pada saat ini banyak kalangan dari mahasiswa itu sendiri kurang peduli peduli terhadap lingkungan sekitar. Padahal mereka adalah termasuk generasi muda dengan segudang kemampuan dalam berfikirnya memiliki suatu potensi yang cukup besar dan sepatutnya memberikan berbagai solusi dari permasalahan yang terjadi dalam masyarakat . Dengan berbagai tantangan yang dihadapi saat ini tentunya mahasiswa sudah bisa dijadikan sebagai pilot project yang bisa diharapkan mampu menghadapi sebuah permasalahan dengan kapasitasnya sebagai seorang mahasiswa. Dengan begitu, supaya terbiasa berinteraksi dan menumbuhkan sikap peduli terhadap sesame maupun lingkungan sekitar

2.       Bagaimana meminimalisir tingkat kemiskinan jika dilihat dari globalisasi ?

Dalam menghadapi arus global ini, sudah tentu banyak permasalahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, salah satu contohnya adalah masalah kemiskinan.  Kemiskinan merupakan gejala sosial  yang sudah menjadi persoalan sejak lama terutama dalam menghadapi arus globalisasi. Dalam menghadapi arus globalisasi terutama untuk menimimalisir tingkat kemiskina menurut saya adalah bagi pemerintah daerah maupun pusat mulai focus terhadap kesejahteraan masyarakat kurang mampu terlebih yang berada di desa. Karena tentunya dari tingkat pendidikan pun cukup jauh berbeda dengan masyarakat perkotaan.  Belum lagi lemahnya pengawasan bagi program maupun kegiatan yang di canangkan baik oleh pemerintah pusat maupun daerah  yang dinilai masih perlu untuk di awasi dalam pelaksanaannya . lalu dalam menghadapi MEA juga sudah tentu menjadi factor penting dalam menghadapi arus globalisasi dengan memberikan pelatihan maupun pembiayaan sekolah secara gratis hingga perguruan tinggi bagi masyarakat yang kurang mampu, meningkatkan akses prasarana dan sarana hingga pembangunan infrastruktur yang masih belum memadai pada setiap daerah tertinggal, pembukaan lapangan pekerjaan secara merata dan menyeluruh agar tingkat urbanisasai di perkotaaan tidak semakin padat.

3.   Berikan contoh konkrit kehidupan sosial masyarakat yang masih terjaga dan memiliki nilai posotif ?

Kesadaran akan keamanan lingkungan tentunya adlah berawal dari lingkungan di sekitar kita. Contonhnya adalah dengan melakukan ronda malam . ronda malam di tunjukkan untuk memberikan rasa keamanan bagi lingkungan sekitar dimana kita berada. Dengan adanya ronda malam secara bergiliran dan dengan kesadaran akan keamanan  lingkungan sudah tentu sangat memiliki nilai positif dan memberikan rasa aman terhadap keluarga maupun warga. Tanpa harus saling bergantung dengan warga lain ataupun keamanan sipil .

4.      Berikan contoh kehidupan toleransi beragama di daerah anda ?  

Banyaknya masyarakat yang tinggal pada suatu daerah tentunya banyak pula agama yang dianut. Dalam kehidupan masyarakat sangat dibutuhkan sikap toleransi antar umat beragama, contohnya adalah dalam kerukunan pelaksanaan hari besar agama . di temppat saya berada toleransi dalam saling menghormati agama lain misalnya dalam perayaan hari besar sangat baik karena bisa saling menempatkan diri dan saling menghargai perayaan hari besar. Banyak yang turut serta membantu dalam penggalangan dana dalam pelaksanaan peringatan hari besar islam misalnya. Namun tidak sampai hingga dalam membantu dana tetapi juga membantu dalam hal pengamanan peringatan dan perayaan hari besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar