Rabu, 10 Januari 2018

4.2 Bandingkan & Jelaskan Inovasi apa yang paling utama pada aplikasi transportasi online di Indonesia ?



     Kini transportasi online di Indonesia sudah menjamur. Tak dapat dipungkiri salah satu pencetusnya adalah GO-JEK, yang di awal-awal berdirinya dulu, memang sempat menghebohkan. Selain itu Perkembangan transportasi umum berbasis aplikasi atau online dapat membawa dampak yang cukup besar bagi perekonomian Indonesia. Sebab, pertumbuhan ekonomi bisa ditopang oleh sektor yang kini semakin berkembang dalam penyerapan tenaga kerja. Alasan utama melonjaknya penggunaan transportasi online ini adalah karena soal harga dan kenyamanan. Harga tranportasi online non konvensional biasanya memang lebih murah dibandingkan dengan transportasi konvensional seperti taksi dan ojek pangkalan. Belum lagi banyaknya promo yang diberikan oleh penyedia layanan. Saat ini ada 3 pemain besar tranportasi online non konvensional di Indonesia yaitu GO-JEK, Uber, dan Grab. Masing-masing memiliki armada tersendiri dengan jumlah yang cukup banyak dan menawarkan keuntungan tersendiri. selain murah, faktor lain yang membuat masyarakat kepincut transportasi online adalah kemudahan aksesnya. Cukup dengan mengunduh aplikasi di telepon pintar, masyarakat bisa memesan ojek online tersebut. Tidak repot, praktis. Kemudahan inilah yang selalu disanjung-sanjungkan oleh masyarakat, terutama kelas menengah yang jumlahnya semakin besar di Indonesia. Diantara 3 pemain besar transportasi online di Indonesia tersebut masing-masing memiliki fitur dan keunggulannya tersendiri yang membuat mereka menjadi pembeda satu sama lainnya . diantaranya adalah :

   1.     Gojek
Gojek memiliki fitur yang terbilang lengkap untuk mememenuhi kebutuhan dan memanjakan pelanggannya hanya dengan aplikasi berbasis smartphone. Fitur tersebut adalah Go Ride, Go Car, Go Bluebird (hasil Bekerja sama antara Go Jek Indonesia dengan Taxi BlueBird), Go Food, Go Send, Go Pulsa (Membeli Pulsa Secara online), Go Bills (memudahkan dalam pembayaran PLN, BPJS), Go Shop, Go Mart, Go Tix (memudahkan pelanggan untuk memesan tiket dimana saja), Go Box (salah satu yang unik dari Aplikasi GoJek Indonesia adalah pelanggan bisa memesan mobil Box untuk kebutuhan tertentu), Go Massage (bisa pijat dengan memesannya secara online pada apliksi GoJek), Go Clean dan masih terdapat beberapa fitur lainnya yang di peruntukkan untuk pengguna.

   2.    Grab
Seperti halnya dengan Gojek, aplikasi Grab pun juga memiliki beberapa fitur, diantyaranya adalag Grab Car, Grab Bike, Grab Taxi, dab Grab Hitch (salah satu fitur terbaru dari Aplikasi Grab yang cukup unik kare pengguna bisa “Nebeng”)

   3.    Uber
Pada Uber juga memiliki fitur yang hampir sama seperti transportasi online lainnya . diantaranya adalah Uber motor, Uber X (pemesanan angkutan mobil dengan daya tampung 1-4 orang) dan Uber XL (pemesanan angkutan Mobil dengan daya tampung hingga 6 orang)


Sumber :
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar