Kamis, 26 Oktober 2017

Berikan Contoh Penerapan Pemanfaatan Teknologi Sistem Informasi Modern dalam Bidang pendidikan yang berbentuk aplikasi



Pengertian teknologi informasi pendidikan adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan proses pendidikan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global. Gallupe (2003) menemukan beberapa tujuan pemanfaatan TI, yaitu :

(1) memperbaiki competitive positioning;
(2) meningkatkan brand image;
(3) meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengajaran;
(4) meningkatkan kepuasan siswa;
(5) meningkatkan pendapatan;
(6) memperluas basis siswa;
(7) meningkatkan kualitas pelayanan;
(8) mengurangi biaya operasi; dan
(9) mengembangkan produk dan layanan baru. 

Mason R. (1994) berpendapat bahwa pendidikan mendatang akan lebih ditentukan oleh jaringan informasi yang memungkinkan berinteraksi dan kolaborasi, bukannya gedung sekolah. Tony Bates (1995) menyatakan bahwa teknologi dapat meningkatkan kualitas dan jangkauan bila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan latihan. Berdasarkan pendapat para pakar ini maka timbulah pemikiran penulis untuk mendeskripsikan peran teknologi informasi dalam KBK dengan strategi PBL.

Diantaranya adalah :

1.       Learning management system Learning management system adalah sebuah software yang mampu memanajemen proses pembelajaran seperti menyimpan, mengelola dan mendistribusikan berbagai informasi pendidikan seperti material perkuliahan, jadwal kuliah, pengumuman, dan ujian/test yang telah disiapkan. LMS juga mampu menampilkan jadwal kegiatan perkuliahan baik untuk satu blok, satu semester, satu tahun bahkan untuk empat tahun
2.  Digital library adalah perpustakaan yang mengelola semua atau sebagian yang substansi dari koleksi-koleksinya dalam bentuk komputerisasi sebagai bentuk alternatif, suplemen atau pelengkap terhadap cetakan konvensional dalam bentuk mikro material yang saat ini didominasi koleksi perpustakaan.”
3.   Penerapan inovasi dan teknologi pendidikan dalam bentuk sistem pendidikan
Inovasi dan teknologi pada tataran ini menjangkau area kebijakan penyelenggaraan proses pendidikan. Contoh dari pemanfaatan inovasi dan teknologi pelaksanaan sistem Cara Belajar Pelajar Aktif (CBSA), Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), atau penambahan jam belajar di sekolah. Pada tataran ini inovasi dan teknologi diterapkan secara massal karena mengarah pada sistem.
4.   UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) Ujian nasional adalah kegiatan pengukuran dan penilaian pencapaian standar kompetensi lulusan pada jenjang SMP dan SMA yang sederajat pada mata pelajaran tertentu, Ujian Nasional diselenggarakan pada akhir pembelajaran di satuan pendidikan untuk menentukan pencapaian pembelajaran peserta didik di SMP dan SMA sederajat. Dalam pelaksanaan penilaian (ujian) memunculkan dua alur yaitu ujian tertulis atau PBTdan ujian berbasis komputer atau CBT. PBT merupakan pelaksanaan ujian berbasis kertas seperti dilakukan selama ini, sedang CBT merupakan pelaksanaan ujian berbasis komputer

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar