Senin, 30 Oktober 2017

TUGAS 3 ILMU SOSIAL DASAR



  1.    Apa yang anda ketahui tentang kebudayaan  ?

Kebudayaan atau culture adalah keseluruhan pemikiran dan benda yang dibuat atau diciptakan oleh manusia dalam perkembangan sejarahnya. Secara etimologis kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta “budhayah”, yaitu bentuk jamak dari budhi yang berarti budi atau akal. Koentjaraningrat mendefinisikan kebudayaan sebagai keseluruhan manusia dari kelakuan dan hasil kelakuan yang teratur oleh tata kelakuan yang harus didapatkanya dengan belajar dan yang semuanya tersusun dalam kehidupan masyarakat.. Secara lebih jelas dapat diuraikan sebagai berikut:

1)    Kebudayaan adalah segala sesuatu yang dilakukan dandihasilkan manusia, yang meliputi:
        a)    kebudayaan materiil (bersifat jasmaniah), yang meliputi benda-benda ciptaan manusia, misalnya kendaraan, alat rumah tangga, dan lain-lain.
      b)    Kebudayaan non-materiil (bersifat rohaniah), yaitu semua hal yang tidak dapat dilihat dan diraba, misalnya agama, bahasa, ilmu pengetahuan, dan sebagainya.

2)    Kebudayaan itu tidak diwariskan secara generative (biologis), melainkan hanya mungkin diperoleh dengan cara belajar.

3)    Kebudayaan diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat. Tanpa masyarakat kemungkinannya sangat kecil untuk membentuk kebudayaan. Sebaliknya, tanpa kebudayaan tidak mungkin manusia (secara individual maupun kelompok) dapat mempertahankan kehidupannya. Jadi, kebudayaan adalah hampir semua tindakan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

  2.    Apa yang anda ketahui tentang kepribadian ?

Kepribadian adalah ciri , karakteristik , gaya atau sifat-sifat yang memang khas dikaitkan dengan diri kita sendiri . Bahwa kepribadian itu bersumber dari bentukan yang kita terima dilingkungan jadi yang disebut kepribadian itu adalah campuran dari yang bersifat psikologis, kejiwaan dan juga fisik.

  3. Apakah menurut anda kebudayaan memiliki korelasi dengan kepribadian ? jelaskan ?

Menurut kebudayaan memmiliki korelasi dengan kepribadian karena kebudayaan itu sangat pokok memberi pengaruh terhadap kepribadian seseorang melalui beberapa aspek misalnya seperti lingkungan, keluarga, kebudayaannya itu sendiri.
Misalnya :
salah satu contoh yang membutikan bahwa kepribadian di pengaruhi oleh kebudayaan adalah, dulu masyarakat Indonesia pada umumnya jarang dalam segala aktivitas sehari-hari bergantung dengan telepon genggam, ketika bertemu teman ataupun pada acara keluarga akan ikut bersosialisasi atau berkomunikasi dengan teman atau lingkungan tetapi sekarang sering dan mudah dijumpai seseorang sangat sibuk dengan telpon genggamnya sendiri bahkan tidak memperdulikan lingkungan sekitarnya. hal ini menunjukkan bahwa budaya memiliki korelasi terhadap kepribadian seseorang.

  4.    Apa yang anda ketahui ciri khas kepribadian bangsa Timur ?

Misalnya contoh :
Terhadap sesuatu yang Baru
Orang Timur kalau ada sesuatu yang baru, belum puas kalau belum sampai memilikinya, maka tidak heran kalau misalkan orang Indonesia banyak yang konsumtif, seringkali berganti telepon genggam, bahkan ada yang koleksi HP, sering update barang-barang dengan brand terbaru, hanya karena tidak mau ketinggalan model. Berbeda dengan orang Barat Barat kalau ada sesuatu yang baru, tidak serta merta memiliki keinginan lebih untuk segera memiliki atau memakainya.


Sumber : 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar