Senin, 09 Oktober 2017

3KA22 2017/2018 Teknologi Sistem Cerdas pada Aplikasi SmartPhone




 APLIKASI WAZE

Waze adalah merupakan aplikasi Navigasi yang cukup banyak digunakan oleh sebagian besar orang khususnya masyarakat kota-kota besar terlebih untuk orang yang sering bepergian untuk keluar rumah maupun keluar kota . Karena kemacetan dimana mana  memang sudah cukup parah dan mulai tidak mengenal waktu, apalagi di kota-kota besar yang ada di indonesai misalnya seperti Jakarta. Tetapi menurut saya bagi yang belum coba install aplikasi waze ini saya menyarankan untuk menginstallnya walaupun nantinya tidak akan digunakan setiap hari, setidaknya dalam keadaan tertentu aplikasi waze ini cukup bisa membantu dalam hal navigasi, memberitahu info kemacetan dan kecelakaan bahkan kondisi lalulintas jika ingin bepergian apalagi kita akan pergi ke lokasi yang memang kita belum ketahui .Saat ini hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah memiliki smartphone, jadi aplikasi waze ini sudah bisa jalankan pada Iphone, Android maupun Blackberry. Aplikasi ini juga bisa di unduh secara gratis pada playstore dan juga app store. Karena Waze menerima dan mengirim informasi jalan terkait rute Anda secara waktu nyata dengan menggunakan paket data Internet .Mungkin sebelum adanya teknologi GPS pada Smartphone kebanyakan orang masih banyak mengetahui kondisi lalulintas dengan mendengarkan radio namun sekarang adanya Waze, tidak perlu mendengarkan radio yang biasa menginformasikan tentang arus lalu lintas. 
Cara Kerja Aplikasi Waze 


User hanya tinggal memasukkan lokasi tujuan pada aplikasi kemudian aplikasi akan otomatis memberi lokasi yang kita akan tuju. Dan terdapat juga pilihan rute alternative yang di sediakan aplikasi waze ini untuk mencari rute yang tercepat untuk mencapai lokasi yang dituju. 

Cara Waze mempelajari rute

Agar Waze dapat secara akurat memberikan rute tercepat atau tersingkat, bergantung pada setelan Anda, Waze harus memiliki data yang akurat untuk semua segmen dan rute di area sekitar. Waze akan mengumpulkan data dari setiap jalan yang dilalui bila aplikasi diaktifkan.  Ketika melalui jalan tertentu, Waze akan membandingkan data di antara setiap rute dan akan menyarankan rute optimal berdasarkan preferensi Anda. Banyak terdapat informasi mengenai kondisi jalan pada saati itu dengan menandakan warna rute yang sedang mengalami kemacetan dengan tingkat kemacetan parah hingga kemacetan ringan.

Jika, menurut perkiraan Anda, Waze tidak memberikan rute terbaik, itu mungkin karena hal-hal berikut:
  1. Kesalahan pada peta di suatu tempat di sepanjang rute yang dipilih.
  2. Kurangnya data kecepatan/lalu lintas yang tepat untuk rute tersebut.
  3. Kurangnya data kecepatan/lalu lintas yang tepat pada rute yang akan dikirim kepada Anda.
Kegunaan Waze 

Menurut saya waze sangat membantu karena terdapat banyak fitur dan banyak kategori disediakan antara lain pom bensin, tempat parkir, bank atau ATM, bengkel, dan lainnya.  Ini tentunya sangat membantu karena terkadang penduduk kota besar cenderung tidak tahu sebuah alamat dan rute sebuah tempat secara persis. Pada aplikasi waze ini juga menyediakan pilihan rute alternative untuk mencapai ke sebuah lokasi bahkan juga bisa merubah rute perjalanan lagi jika terdapat masalah pada rute yang sebelumya sudah tampil. pada aplikasi ini juga terdapat speaker sehingga smartphone hanya tinggal di letakkan pada dashboard kendaraan yang memudahkan pengguna dalam mengemudikan kendaraannya. Kesimpulannya adalah tentunya aplikasi ini sangat membantu dalam pencarian lokasi menggunakan perangkat smartphone dengan membagikan informasi secara real time namun sesuai dengan aplikasi tersebut tentunya juga sangat bergantung pada koneksi internet dan  paket data selular yang masing – masing kita gunakan.





Sumber :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar