Senin, 30 Oktober 2017

TUGAS 2 ILMU SOSIAL DASAR



Pertumbuhan penududuk suatu Negara pada dasarnya dipengaruhi oleh faktor-faktor demografis yang meliputi  Kelahiran (Fertilitas), Kematian (Mortalitas) dan Migrasi. Berikut ini penjelasan mengenai faktor faktor pertumbuhan penduduk :

1.    Penjelasan dari Faktor-Faktor Demografi :

  a)    Mortalitas :


  •  Lahir hidup      : Peristiwa keluarnya hasil konsepi dari rahim seorang ibu secara lengkap tanpa memndang lamanya kehamilan dan setelah pepisahan itu terjadi, hasil konsepsi bernafas dan mempunyai tanda-tanda kekhidupan lainnya, seperti denyut jantung, detak tali pusat, atau gerakan-gerakan otot, tanpa memandnag apakah tali puat sudah dipotong atau belum (Live Birth).
  • Lahir Mati       : Yaitu peristiwa menghilangnya tanda-tanda kehidupan dari hasil konsepsi sebelum hasil konsepsi tersebut dikeluarkan dari rahim ibunya (Death)


  b)    Fertilitas :

  • suatu ukuran yang diterapkan untuk mengukur hasil reproduksi dari wanita yang diperoleh dari data statistika kelahiran anak.

Kelahiran bersifat menambah jumlah penduduk. Angka kelahiran adalah angka yang menunjukkan bayi yang lahir dari setiap 1000 penduduk per tahun.

Angka kelahiran bayi dapat dibagi menjadi 3 yaitu :
a.    Angka kelahiran > 30 per tahun, termasuk kriteria tinggi
b.    Angka kelahiran 20 – 30 per tahun, termasuk kriteria sedang
c.    Angka kelahiran < 20 per tahun, termasuk kriteria rendah

  c)    Migrasi :


  •   Perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat yang lain, baik sifatnya permanen (bertempat tinggal di tempat yang baru paling sedikit 340 hari) atau semi permanen (hanya tinggal selama 15 hari dihitung dari awal kepindahannya ke tempat tersebut), yang melewati batas administratif atau batas bagian dalam suatu negara atau daerah atau juga melampaui batas politis atau batas negara. (Pratiwi, 2007, hlm.2)


Akibat yang muncul dari migrasi :

1.  Pengaruh Kepadatan Penduduk Terhadap Bidang Ekonomi
Dampak kepadatan penduduk terhadap bidang ekonomi adalah pendapatan per kapita berkurang sehingga daya beli masyarakat menurun. Hal ini juga menyebabkan kemampuan menabung masyarakat menurun yang mengakibatkan dana pembangunan Negara berkurang. Akibatnya pengangguran meningkat.


2.  Pengaruh Kepadatan Penduduk Terhadap Bidang Sosial
Jika lapangan bekaerja berkurang, maka pengangguran akan meningkat. Hal ini akan mengakibatkan kejahatan merajalela. Selain itu, terjadinya perpindahan penduduk bertujuan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih kayak.

3.  Pengaruh Kepadatan Penduduk Terhadap Lingkungan
Jumlah Penduduk yang makin meningkat menyebabkan kebutuhannya makin meningkat pula. Hal ini berdampak negatif pada lingkungan yaitu pencemaran lingkungan (penambahan segala substansi ke lingkungan aktivitas manusia).


  2.    Bagaimana Pandangan terhadap pertambahan penduduk di Indonesia ?

Indonesia sudah menerapkan program Keluarga Berencana (2 orang cukup) namun masyarakat Indonesia masih belum dapat menjalankan maksimal program tersebut. Hal ini merupakan  penyebabnya pertambahan laju penduduk yang sulit untuk dikendalikan. Hampir seluruh wilayah Negara Indonesia termasuk daerah sekalipun cukup padat penduduk. akibat dari kepadatan penduduk inilah pengangguran menjadi meningkat, kejahatan semakin merajalela, pendidikan yang kurang memadai, kesehatan masyarakat yang masih perlu diperhatikan dan kesejahteraan yang belum setara.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar