Senin, 30 Oktober 2017

TUGAS 1 ILMU SOSIAL DASAR



1.    Tujuan Mempelajari Ilmu Sosial Dasar bagi Mahasiswa :
a)    Memahami dan Menyadari adanya Kenyataan - kenyataan sosial dan masalah - masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
b)    Peka terhadap masalah - masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha – usaha menanggulanginya.
c)    Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya secara kritis – indisipliner.
d)    Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.

2.    Bagaimana Menyikapi Kehidupan Sosial Budaya yang ada di Negara Indonesia :

      Menurut saya bagaimana untuk menyikapi Keanekaragaman kehidupan sosial budaya cukup sulit karena beranekaragam kehidupan sosial tentu beranekaragam pula pemikiran pada masing – masing pribadi/kelompok masyarakat itu sendiri. Kesadaran akan keanekaragaman Kehidupan sosial sebenarnya sangat dibutuhkan karena bukan saja sesekali kita mendengan sering terjadi kesalahpahaman atau mungkin bahkan bisa memicu perpecahan diantara masig – masing pihak / golongan tertentu, terlebih sangat banyak suku – suku yang berada di Indonesia yeng tentunya juga memiliki kebiasaan/budaya/adatnya masing – masing. Memang segala kemungkinan bisa saja terjadi dalam keanekaragaman kehidupan sosial, intinya kita harus menyadari akan keanekaragaman kehidupan sosial paling tidak dimulai dari lingkungan sekitar terlebih dahulu, menjadikan keanekaragaman kehidupan sosial sebagai kelengkapan untuk saling menutupi kekurangan yang ada, jangan memiliki pandangan yang buruk terhadap orang lain, biasakan untuk saling membantu satu sama lain dan bersahabat agar apat terciptanya lingkungan keanekaragaman kehidupan sosial yang harmonis.

3.    Contoh Peka Masalah Sosial
Dalam menjalani kehidupan sehari hari terlebih dalam lingkungan yang cukup padat penduduk tentu sudah pasti ada kemungkinan timbul masalah sosial. Masalah sosial itu sendiri merupakan suatu peristiwa ataupun kejadian yang rumit menyangkut lebih dari satu atau dua individu.

  • Contohnya :
      Sampah adalah sesuatu yang dibuang yang dihasilkan dari proses produksi baik itu industri maupun rumah tangga (Domestik). Dengan kata lain, sampah adalah suatu material sisa yang tidak diinginkan oleh manusia setelah berakhir suatu proses/ penggunaan. Material sisa ini bisa berupa dari hewan, manusia, ataupun tumbuhan yang sudah tidak terpakai lagi dan biasanya dilepaskan ke alam dalam bentuk padat, cair, atau bahkan gas. Pada zaman sekarang ini mungkin karena kurang sadarnya masyarakat dalam membuang sampah sangat kurang terlebih masih banyak orang yang sangat sembarangan dalam membuang sampah. Belum lagi lingkungan yang padat menjadai faktor pemicunya sampah dibuang sembarangan. Masyarakat juga seakan bersikap masa bodoh dan egois, misalkan jika ada saja sedikit lahan kosong di sekitar rumah mereka yang langsung dimanfaatkan menjadi tempat sampah limbah industri rumah tangga mereka . Jangankan lahan atau tanah yang kosong halaman rumah pun sekarang bisa saja memmungkinkan menjadi tempat sampah bagi orang – orang yang tidak bertanggung jawab dengan melemparkannya langsung dari kendaraan bermotor bahkan ada juga yang menggunakan mobil tetapi sering juga di jumpai sesama tetangga terkadang juga ada yg berselisih karena main asal buang sampah sembarangan. Sampah pun yang dibuang juga beragam mulai dari sampah sayuran, botol plastik, pecah belah, bahkan hingga kayu bekas mebel yang rusak juga di buang sembarangan. Sehinga sudah tidak terpilah lagi mana itu sampah organik, non organik ataupun pecah belah karena para pelaku pembuang sampah dengan sengaja membuangnya dengan di bungkus lalu melemparkannya. Mungkin mereka berfikir setelah mereka buang sampah sembarangan akan terlepas dari beban mereka sendiri. Padahal setelah mereka buang sampah sembarangan akan membuat geram masyarakat terutama yang sangat dekat dengan lahan sampah tersebut. Padahal sudah sangat jelas banyak tulisan himbauan hingga larangan keras agar tidak buang sampah sembarangan. Walaupun sesekali juga sering tertangkap tangan sedang membuang sampah mereka yang melakukannya seakan mencari siasat waktu yang tepat untuk membuang sampahnya yaitu pada malam hari menjelang dini hari. Seharusnya jika mereka sangat konsmtif (terlihat dari sampahnya) mereka bias menggunakan jasa pemungut sampah yang sekarang sudah mulai banyak untuk kemudian diolah menjadi barang unik yang terbuat dari barang bekas ataupun sampah.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar