Senin, 30 Oktober 2017

Teknologi yang digunakan untuk audit system informasi



Contoh

  • Teknologi masukan (input technology)adalah teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukkan data ke dalam sistem komputer. Perantimasukan yang lazim dijumpai dalam sistem komputer berupa keyboard dan mouse.
  • Teknologi pemrosesan (processing machine) Atau lebih dikenal dengan istilah CPU (Central Processing Unit), CPU mikro-prosesor, atau prosesor. Contoh prosesor yang terkenal saat ini, antara lain adalah Pentium dan PowerPC. Sesuai dengan namanya, CPU merupakan bagian dalam sistem komputer yang menjadi pusat pengolah data dengan cara menjalankan program yang mengatur pengolahan tersebut.
  • Teknologi penyimpan (storage technology) dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu Memori internal (biasa juga disebut Main memory atau memori utama) berfungsi sebagai pengingat sementara bagi data,program, maupun informasi ketika prosespengolahannya dilaksanakan oleh CPU.Dua contoh memori internal yaitu ROMdan RAM. ROM (Read-Only Memory)adalah memori yang hanya bisa dibaca,sedangkan RAM (Random Access Memory) adalah memori yang isinya bisadi perbaharui. Penyimpan eksternal (eksternal storage) dikenal juga dengan sebutan penyimpan sekunder. Penyimpan eksternal adalah segala peranti yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Pengertian permanen di sini berarti bahwa data yang terdapat pada penyimpan akan tetap terpelihara dengan baik sekalipun komputer sudah dalam keadaan mati (tidak mendapat aliranlistrik). Hard disk dan disket merupakancontoh penyimpan eksternal.
  • Teknologi keluaran (output technology) adalah teknologi yang berhubungan dengan segala peranti yang berfungsiuntuk menyajikan informasi hasil pengolahan sistem. Layar atau monitor dan printer merupakan peranti yang biasa digunakan sebagai peranti keluaran.
  • Teknologi perangkat lunak (softwaretechnology) atau dikenal dengan sebutanprogram adalah deretan instruksi yangdigunakan untuk mengendalikan komputersehingga komputer dapat melakukantindakan sesuai yang dikehendakipembuatnya. Tentu saja untuk mengerjakan tugas yang berbedadiperlukan pula perangkat lunak tersendiri.Sebagai contoh, Microsoft Wordmerupakan contoh perangkat lunak pengolah kata, yaitu perangkat lunak yangberguna untuk membuat dokumen,sedangkan Adobe Photoshop adalahperangkat lunak yang berguna untuk mengolah gambar.
  • Teknologi telekomunikasi (telecommu-nication technology) merupakan teknologiyang memungkinkan hubungan jarak jauh.Internet dan ATM merupakan contohteknologi yang memanfaatkan teknologitelekomunikasi.

Sumber :
https://www.scribd.com/document/21516462/Peranan-Teknologi-Informasi-Dalam-Audit-Sistem-Informasi-Komputersiasi-Akuntansi
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar