Senin, 30 Oktober 2017

Tujuan dari Audit Sistem Informasi yang berfokus pada tatakelolanya dan beri contohnya ?



Menurut Information Technologi Governance  Institute  (ITGI,  2005), terdapat    5(lima) area penting yang menjadi fokus dalam tata kelola TI yaitu keselarasan strategi bisnis dan strategi TI, penyampaian nilai TI, manajemen resiko, pengukuran  kinerja  dan  manajemen sumber  daya  TI.  Setiap  area  ini mempunyai standar pengaturan yang diuraikan dalam panduan COBIT (Control Objectives for Information and Technologi). Hubungan kelima area ini dapat di jelaskan dari area fokus pengelolaan TI adalah sebagai berikut :
1.      Strategic Alignment
Area ini fokus untuk memastikan adanya keterkaitan antara bisnis dengan perencanaan TI. Mendefinisikan, memelihara dan memvalidasi nilai penggunaan TI dalam perusahaan. Menyelaraskan penggunaan  TI dengan  operasional perusahaan.
2.     Value Delivery
Area ini fokus pada   penerapan   TI yang  harus  memberikan  nilai tambah    sejalan    dengan    strategibisnis perusahaan.
3.     Resource Management
          Area ini fokus pada optimalisasi manajemen  sumber  daya  TI, aplikasi, informasi, infrastruktur dan sumber daya manusia, dimana kunci utamanya adalah knowledge dan infrastruktur.
4.     Risk Management
          Area ini fokus pada memahami resiko-resiko yang akan dihadapi oleh  perusahaan  dalam  penerapan TI,  sehingga  dapat  mengatasi dampak yang ditimbulkan olehnya.

5.     Performance Measurement
          Area ini fokus pada memonitor penerapan strategi, kelengkapan proyek, penggunaan sumber daya, dan layanan lainnya, agar sesuai dengan tujuan dari perusahaan.

Contoh :
Sistem Informasi Akademik (SIAKAD)  IBI Darmajaya adalah sistem informasi yang digunakan untuk menyediakan informasi bagi kegiatan akademik terdiri dari registrasi mahasiswa baru, penjadwalan, pengisian KRS,pengelolaan administrasi perkuliahan, nilai mahasiswa, presensi mahasiswa dan dosen mengajar, dan lain sebagainya


Sumber : 
https://media.neliti.com/media/publications/101633-ID-none.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar